Jumat, 27 November 2009

PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBENTUK NASIONALISME

Kondisi objektif dinamika kebangsaan Indonesia kekinian menunjukan adanya sebuah penurunan dan penghayatan akan nilai-nilai kebangsaan (nasionalisme). Kondisi tersebut nampak nyata dengan berbagai fenomena yang ada bahwasanya negara-bangsa Indonesia ini sedang mengalami berbagai permasalahan yang erat kaitannya dengan semangat dan jiwa nasionalisme. Kita dapat menyebut bahwa maraknya tindakan pemecah belahan bangsa serta tergesernya tatanan nilai-nilai dan kepribadian bangsa, adalah sebagai bentuk dari menurunnya pemahaman kita sebagai bangsa yang satu serta bangsa yang berdiri diatas kemajemukan yang berdasarkan kehendak untuk hidup bersama. Dalam kaca mata historis dan sosiologis akan terlihat jelas bahwa kondisi tersebut memang benar adanya. Secara historis kita menyaksikan bahwa dinamika kebangsaan kita selalu diwarnai dengan tindakan pemecah belahan, walau telah diikat oleh semangat Sumpah Pemuda 1928 dan Proklamasi 1945. Secara sosiologis kita mengalami bahwa hari ini terjadi pergeseran nilai dan budaya kita oleh budaya asing.

Hal tersebut memang pada dasarnya merupakan sebuah tantangan bagi dinamika dan eksistensi negara-bangsa Indonesia yang tentu saja harus dicarikan penawar agar dapat teratasi. Lantas bagaimana solusi yang dapat ditawarkan sebagai jalan untuk mengatasi tantangan tersebut. Nampaknya bahwa pendidikan dapat dikemukakan sebagai jawabannya.

Hakekatnya pendidikan ialah sebuah tindakan yang dilakukan agar kita dapat mengenal realita diri dan kehidupan. Dalam batasan tersebut jelas bahwa pendidikan ialah sebuah alat yang mana diberikan sebagai upaya agar kita senantiasa mengenal dan memahami diri sebagai manusia dalam konteks apapun. Terlebih bahwa Freire mengutarakan bahwa pada dasarnya tujuan pendidikan ialah untuk mengenalkan peserta didik dengan lingkungan dimana dia tumbuh dan berkembang. Hal tersebut sejalan pula dengan tujuan pendidikan nasional yang diamanatkan lewat perangkat hukum yang kita miliki.

Pemberdayaan pendidikan sebagai sarana untuk membentuk dan mengembangkan sikap nasionalisme dapat kita lakukan dengan jalan memberikan pemahaman yang kuat akan nilai-nilai kebangsaan kita, memberlakukan metode yang membangun pengetahuan dan pemahaman nilai-nilai kebangsaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar